Rabu, 28 November 2012

Puisi


Pelangi

Pelangi oh pelangi
Warnamu yang sangat indah
Walau kau datang hanya sesekali
Tetapi membuat alam ini makin indah


Pelangi oh pelangi
Sungguh ciptaan tuhan yang elok
Kau dihiasi warna yang amat cantik
Kau datang menyinari alam ini
Setelah datangnya kegelapan hujan
Sungguh panorama yang sangat indah


Pelangi tetaplah kau hiasi langit
Tuk temaniku dikala hujan telah reda
Hingga datang sinar fajar kan menerangi alam
Pelangi oh pelangi

Strategi Sebelum Menjalankan Usaha


STRATEGI SEBELUM MENJALANKAN USAHA

1.      Perencanaan Usaha
    Perencanaan merupakan proses yang berkesinambungan untuk mendapatkan kegiatan yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan. Dari pengertian diatas ada beberapa faktor yang diperlukan, antara lain :
a.      Tujuan atau posisi usaha yang diinginkan pada waktu mendatang.
b.      Adanya keyakinan bahwa tujuan yang dikehendaki dapat dicapai dengan mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan ekstrim yang mungkin terjadi.
c.       Adanya keyakinan bahwa perusahaan dapat mengarahkan dan mengorganisasikan atau melaksanakan tindakan-tindakan dimasa mendatang yang direncanakan untuk mencapai tujuan.
d.      Suatu pengertian bahwa perubahan yang tidak ada putusnya dan perkembangan kondisi yang tidak diharapkan mengharuskan adanya penilaian kembali secara tetap.

2.      Langkah-langkah Melaksanakan Usaha
Langkah-langkah dalam menjalankan usaha adalah :
a.      Langkah pertama, seorang calon wirausahawan harus mempunyai gambaran tentang pemasaran hasil produksi.
b.      Langkah kedua, memilih saluran distribusi yang tepat, agar hasil produk perusahaan cepat sampai ketangan para konsumen atau para pembeli.
c.       Langkah ketiga, cara memproduksi produk.
d.      Langkah keempat, pengawasan atau pengendalian produk.
e.      Langkah kelima, cara memperoleh bahan baku.
f.        Langkah keenam, cara memelihara peralatan.

3.      Hal-hal yang Perlu Dilakukan oleh wirausahawan Baru
       Seorang wirausahawan baru berkewajiban melaksanakan kegiatan usahanya untuk mencapai tujuan yang diharapkanya. Dalam menetapkan usaha, seorang wirausahawan baru harus banyak belajar dari pengusaha yang berpengalaman dan berhasil. Pilihan usaha yang dijalankan adalah yang menguntungkan. Usaha apapun yang dipilih haruslah cocok dengan keahlianya, pengalaman pribadinya, yang paling disenangi dan yang paling menguntungkan.

Strategi Pasar


STRATEGI PASAR

         Pasar adalah suatu kondisi yang didalamnya terdapat seluruh pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan atau keinginan tertentu yang mana mereka bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.
a.     Pembagian Pasar
Dalam strategi pasar, seorang wirausaha harus dapt mengkondisikan pasar sesuai dengan karakteristik pasar masing-masing sehingga dalam proses pemasaran produk dan menjalankan usaha dapat berjalan dengan lancar, pembagian pasar tersebut sering disebut dengan segmenting, targeting dan positioning.
1)      Segmenting
     Segmenting atau segmentasi adalah suatu langkah atau tindakan yang dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha dengan cara mengelompokan masyarakat atau konsumen kedalam suatu perangkat-perangkat atau kelompok tertentu menurut karakteristik atau ciri-ciri tertentu dalam suatu pasar majemuk kedalam suatu kelompok yang homogen atau sejenis (sama karakteristiknya atau sama ciri-cirnya).
2)      Targeting
      Targeting adalah suatu langkah yang ditempuh oleh seorang penjual atau pengusaha untuk menentukan bagian mana dari segmen pasar yang ada dan ingin dimasukan dengan produknya. Dalam pemilihan target pasar ini, setiap pengusaha atau penjual harus mempersiapkan dua langkah pemilihan target sesuai dengan urutan peluang yang terbesar,
3)      Positioning
     Setelah dua pondasi penempatan produk diatas dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah berusaha mendapatkan posisi didalam benak atau pikiran konsumen yang telah dipilih, jadi dalam langkah terakhir ini seorang penjual atau pengusaha harus mengerahkan segala kemampuanya dalam memposisikan produknya dimata masyarakt sebagai konsumen mereka. Jika dalam langkah terakhir ini, produk yang ditawarkan diterima ddengan baik oleh masyarakat, maka loyalitas masyarakat akan mudah didapatkan, akan tetapi jika produk yang ditawarkan tidak diterima oleh konsumen, maka penjual atau pengusaha tersebut harus melakukan inovasi terhadap produk tersebut dan memulai langkah dari awal lagi.