PERSIAPAN ADMINISTRASI USAHA
PENGERTIAN ADMINISTRASI
Kata administrasi berasal dari
bahasa latin yakni Ad yang artinya
intensif dan Ministrase yang artinya melayani. Sedangkan kata
administrasi yang sering digunakan di indonesia berasal dari bahasa Belanda
yaitu Administratie. Menurut pendapat
John M.P Fiffner, administrasi
digunakan sebagai sistem pencatatan, pengorganisasian, penglompokan, dan
penjurusan data dari sumber-sumber manusia dan bahanya untuk mencapai tujuan
yang diinginkan.
MAKSUD DAN TUJUAN ADMINISTRASI
Adapun maksud dan
tujuan dari adanya Administrasi adalah sebagai berikut :
a. Mendapatkan informasi atas kegiatan usah yang telah dilakukan oleh
perusahaan
b. Mendapatkan data yang akurat dalam tujuan untuk mengambil keputusan
yang strategis (strategic decision macing process)
c. Menyusun program pengembangan usaha dan kegiatan pengorganisasian
perusahaanya
d. Mengetahui kinerja perusahaan yang dahulu dan sekarang
e. Memperlancar proses-proses antar bagian, departemen, divisi dalam
menjalankan pekerjaanya
KEGUNAAN ADMINISTRASI
a. Sebagai alat manajemen bagi seorang wirausaha (laporanya)
b. Sebagai alat penilaian bagi para wirausaha (catatanya)
c. Sebagai alat bukti pertanggung jawaban para wirausaha dalam menjalankan
kegiatan usahanya (catatan dan laporannya)
KEGIATAN
ADMINISTRASI
Kegiatan administrasi merupakan
seluruh kegiatan atau pekerjaan yang perlu dilakukan dalam suatu perusahaan,
diantaranya adalah :
a. Menyelenggarakan pembukuan yang meliputi pencatatan penerimaan dan
pengeluaran uang, utang, piutang dan pajak perusahaan
b. Membuat daftar gaji karyawan
c. Mencatat penyelenggaraan produksi, jumlah persediaan barang, pembelian
dan penjualan barang
d. Melakukan surat menyurat kedalam dan keluar perusahaan
e. Mencatat pesanan-pesanan
f.
Melakukan pengarsipan
dokumen-dokumen
g. Menyusun rancangan anggaran perusahaan
PROSES
PELAKSANAAN ADMINISTRASI
Ada dua cara yang
dapat dilakukan dalam melakukan kegitan administrasi dan pencatatan, yaitu :
a.
Sistem Pencatatan Terus Menerus
Pada
sistem pencatatan ini, semua kekayaan milik perusahaan dicatat secara kontinu
(terus menerus). Untuk tiap jenis barang dibuat perkiraan atau rekening kartu
atau buku administrasi tersendiri.
b.
Sistem Pencatatan Secara Periodik
Pada
sistem ini, kegiatan administrasi hanya diadakan setiap terjadi penerimaan uang
atau piutang saja, tidak ada jurnal untukmengurangi prekiraan atau rekening
pembelian.
Proses penataan dokumen-dokumen perusahaan yang
sering digunakan adalah sebagai berikut :
a) Pemeriksaan atau penyortiran dokumen-dokumen
b) Pemberian kode pada masing-masing jenis dokumen
c) Penyimpanan dokumen-dokumen ditempat khusus secara terpisah
d) Membuat katalog atau pedoman sehingga pencarian dokumen lebih mudah
dengan menelusuri kode-kode yang telah dibuat sebelumnya
e) Dokumen-dokumen yang telah disusun siap untuk dipergunakan sesuai
kebutuhan
untuk bisnis wiraswasta perlukah admiministrsasi??
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuspenjlasan di masing" kegunaannya ko gak ada ?? lagi nyari ini :/
BalasHapus