STRATEGI MENJALANKAN
USAHA
Menjalankan
usaha, memerlukan berbagai stratgi pilihan, terutma bagi perusahaan atau usaha
baru, strategi menjadi jantung kehidupan dari usaha tersebut. Suatu strategi
disusun berdasarkan hasil analisis dan informasi yang ada dipsar. Dalam
menjalankan suatu usaha baru, terdapat berbagai jeni strategi yang dapat
diterapkan dalam usaha tergantung dari kemampuan pengusaha, kondisi usaha,
serta jenis usaha yang dijalankan.
1. Strategi Produk
Strategi pertama yang harus direncanakan adalah strategi mengeni produk,
karen yang nantinya diajukan ke konsumen atau pasar adalah produk yang
dimiliki. Dalam perencanaan strategi produk terdapat berbagai hal yang perlu
dianalisis, yaitu :
a. Analisis situasi,
b. Penentuan tujuan produk,
c. Penentuan sasaran pasar atau
produk,
d. Penentuan anggaran,
e. Penetapan strategi produk
f.
Evaluasi pelaksanaan strategi
2. Strategi Harga
Strategi harga merupakan langkah kedua setelah strategi produk
dijalankan, dalam strategi harga terdapat beberapa aspek yang haru dipertimbangka,
hal ini sebagai langkah untuk dapat msuk kepasar dan memasarkan produk yang
dimiliki. Harga adalah nilai dari suatu produk yang merupakan kombinasi dari
total biaya produksi dan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh. Bagi
konsumen, harga adalah indikator nilai dari produk yaitu perbandingan antara
nilai guna produk dengan tinggkat harga yang diberikan atau yang harus dibayar.
Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Strategi Harga
Dalam
strategi harga terdapat beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam
penentuan tingkat harga tersebut, diantaranya adalah :
1.)
Faktor internal, meliputi tujuan pemasaran perusahaan,
strategi bauran pemasaran, dan biaya-biaya perusahaan.
2.)
Faktor eksternal
a) Sifat pasar dan permintaan
Sifat pasar sangat berpengeruh terhadap strategi pengelolaan dan
melaksanakan usaha, karena produk yang dihasilkan harus sesuai dengan keadaan
dan permintaan dari pasar.
b) Persaingan
Persaingan
dalam pasar dipengaruhi oleh beberapa unsur pokok yang sangat mendasar dalam
persaingan, unsur-unsur tersebut adalah persaingan dalam industri yang
bersangkutan, produk substitusi, pemasok, pelanggan, dan ancaman pendatang
baru.
Thanks,,,,
BalasHapus