Rabu, 28 November 2012

Strategi Pasar


STRATEGI PASAR

         Pasar adalah suatu kondisi yang didalamnya terdapat seluruh pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan atau keinginan tertentu yang mana mereka bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.
a.     Pembagian Pasar
Dalam strategi pasar, seorang wirausaha harus dapt mengkondisikan pasar sesuai dengan karakteristik pasar masing-masing sehingga dalam proses pemasaran produk dan menjalankan usaha dapat berjalan dengan lancar, pembagian pasar tersebut sering disebut dengan segmenting, targeting dan positioning.
1)      Segmenting
     Segmenting atau segmentasi adalah suatu langkah atau tindakan yang dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha dengan cara mengelompokan masyarakat atau konsumen kedalam suatu perangkat-perangkat atau kelompok tertentu menurut karakteristik atau ciri-ciri tertentu dalam suatu pasar majemuk kedalam suatu kelompok yang homogen atau sejenis (sama karakteristiknya atau sama ciri-cirnya).
2)      Targeting
      Targeting adalah suatu langkah yang ditempuh oleh seorang penjual atau pengusaha untuk menentukan bagian mana dari segmen pasar yang ada dan ingin dimasukan dengan produknya. Dalam pemilihan target pasar ini, setiap pengusaha atau penjual harus mempersiapkan dua langkah pemilihan target sesuai dengan urutan peluang yang terbesar,
3)      Positioning
     Setelah dua pondasi penempatan produk diatas dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah berusaha mendapatkan posisi didalam benak atau pikiran konsumen yang telah dipilih, jadi dalam langkah terakhir ini seorang penjual atau pengusaha harus mengerahkan segala kemampuanya dalam memposisikan produknya dimata masyarakt sebagai konsumen mereka. Jika dalam langkah terakhir ini, produk yang ditawarkan diterima ddengan baik oleh masyarakat, maka loyalitas masyarakat akan mudah didapatkan, akan tetapi jika produk yang ditawarkan tidak diterima oleh konsumen, maka penjual atau pengusaha tersebut harus melakukan inovasi terhadap produk tersebut dan memulai langkah dari awal lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar