Jumat, 10 Oktober 2014

Penalaran Paragraf deduktif & induktif



Tugas 1 :
Tuliskan Dan berikan contoh dari paragraf deuktif dan induktif !
·         PARAGRAF INDUKTIF
Paragrafraf induktif adalah paragraf yang menjelaskan permasalahan-permasalahan dimulai dari kalimat yang bersifat Umum , dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan berupa pernyataan khusus. Intinya paragraf induktif adalah paragraf yang ide pokoknya berada diakhir kalimat.
Contoh Paragraf Induktif :
Pada saat ini remaja lebih menyukai makan-makanan dari luar seperti makanan jepang, makanan eropa dan makanan-makanan laiya. Begitu pula dengan jenis minuman seperti minuman-minuman kaleng dan minuman beralkohol yang datangnya dari luar dan tidak memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh manusia makanan dan minuman tradisional sudah kurang digemari lagi dan lebih memilih makan-makanan dan minum-minuman yang berasal adri lura negri. Dunia kuliner dewasa ini perlahan lahan mulai menggeser cita rasa makanan tradisional.

·         PARAGRAF DEDUKTIF
Paragraf Deduktif adalah paragraf yang menjelaskan permasalahan-permasalahan diawali dengan kalimat yang bersifat Khusus dan dilanjutkan dengan pernyataan atau kalimat-kalimat penjelas. Intinya adalah paragraf dedukti merupakan paragraf yang ide pokoknya berada diawal paragraf.
Contoh Paragraf Deduktif :
Kebersihan adalah masalah yang paling utama terjadi disekolah. Hal ini terjadi dikarenakan masih kurangnya kesadaran para siswa dan siswi tentang pentingnya kebersihan. Banyak diantara mereka yang buang sampah tidak pada tempatnya, Padahal kebersihan adalah pangkal kesehatan.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar