Minggu, 21 Oktober 2012

penempatan sumber daya manusia


PENEMPATAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM SUATAU PERUSAHAAN
Pengertian Sumber Daya Manusia
            Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi yang uatama, karena secanggih apapun peralatan yang dibuat manusia akan tetap membutuhkan mnusia untuk menjalankan dan merawatnya. Dalam kegiatan produksi, teruatama yang padat karya, tenaga manusia sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara yang terbaik dalam rangka mendapatkan tenaga yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam beberapa hal sdm perlu dipilih dan dikembangkan sehingga memiliki kemampuan atau kompetensi yang sesuai dengan kebutuhn perusahaan. Perekrutan tenaga kerja juga memiliki prosedur sendiri, karena pemilihan tenaga kerja bukanlah hal yang mudah, karena dalam proses pemilihan tenaga kerja yang dinilai bukan hanya penampilan fisik saja tetapi juga keterampilan dan kondisi pisikologis dari calon tenaga kerja.
Mengelola sumber Daya Manusia
            Dalam Mengelola SDM ada tiga komponen yang harus diperhatikan dan dilaksanakan secara berurutan yaitu analisis jabatan, rekruitmen, dan orientasi kerja.
a.Analisis jabatan
                Analisis jabatan merupakan suatu proses untuk membuat uraian pekerjaan sedemikian rupa, sehingga dari uraian tersebut dapat diperoleh keterangan-keterangan yang perlu untuk dapat menilai jabatan itu guna sesuatu keperluan. Analisis jabatan dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu:
1)      Analisis jabatan yang bertujuan untuk menentukan syarat mental
2)      Analisis jabatan yang bertujuan menentukan langkah –langkah yang haruditempuh dalam menagajrkan sesuatu pekerjaan kepada pegawai baru.
3)      Analisis jabatan bertujuan untuk menentukan nilai masing-masing jabatan dalam suatu daban usha, sehinga dengan demikian dapat ditentukan tingkat upah masing=masing jabatan.
4)      Analisis jabatan yang ditujukan untuk dapat mempermuda cara kerja pegawai pada sesuatu jabatan tertentu yakni  bermaksud untuk menghilangkan segala gerak-gerk pegawai yang tidak perlu.
b.Rekruitmen Sumber Daya Manusia
                Rekruitmen adalah suatu proses untuk mencari calon karyawan, buruh, manajer, tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sumer daya manusia yang tepat, berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
1)      Prosedur Seleksi Tenaga Kerja
Adapun prosedur seleksi tenaga kerja baru adalah sebagai berikut :
a)      Menerima berkas lamaran
b)      Melihat Daftar riwayat hidup atau  curriculum vitae
c)       Melkukan penyortiran berkas lamaran untuk mencari pelamar yang memnuhi persyaratan yang telah ditetapkan
d)      Memanggil calon karyawan untuk ujian tertulis dan wawancara
e)      Pengisian formulir lamaran
f)       Wawancara awal
g)      Tes atau pisikotes
h)      Pengujian sikap
i)        Pengujian keterampilan
j)        Meneliti pengalaman kerja calon karyawan
k)      Pemerisaan kesehatan
l)        Evaluasi hasil perekrutan
m)    Wawancara akhir
n)      Penempatan calon karyawan baru
o)      Pengangkatan karyawan
2)      Jenis Tes dalam Wawancara Tenaga Kerja
a)      Achievement test: suatu tes yang tujuanya mengukur apa yang dapat dilakukan oleh seorang tenaga kerja (karyawan)
b)      Aptitude test : suatu tes yang bertujuan mengukur kesanggupan atau bakat tenaga kerja.
c)       Intellegence test : suatu tes yang tujuanya untuk mengukur aspek-aspek intelegasi seorang calon tenaga kerja yaitu tentang kesanggupan mentalnya.
d)      Personaliti test : tes kepribadian calon tenaga kerja (karyawan)
3)      Wawancara Tenaga Kerja
Wawancara tenaga kerja dapat dilakukan dengan cara wawancara subjektif dan wawancara objektif.
c.Orientasi Kerja
                Langkah berikutnya adalah tahap orientasi setelah para pelamar pekrjaan sebagian diterima sebagai tenaga keja baru, terus diperkenalkan pada lingkungan pekerjaan perusahaan mengenai sejarah perusahaan, proses produksinya, hak dan kewajibanya, kondisi kerja, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar