Selasa, 30 Oktober 2012

Strategi Menjalankan Usaha


STRATEGI MENJALANKAN USAHA

            Menjalankan usaha, memerlukan berbagai stratgi pilihan, terutma bagi perusahaan atau usaha baru, strategi menjadi jantung kehidupan dari usaha tersebut. Suatu strategi disusun berdasarkan hasil analisis dan informasi yang ada dipsar. Dalam menjalankan suatu usaha baru, terdapat berbagai jeni strategi yang dapat diterapkan dalam usaha tergantung dari kemampuan pengusaha, kondisi usaha, serta jenis usaha yang dijalankan.
1.      Strategi Produk
   Strategi pertama yang harus direncanakan adalah strategi mengeni produk, karen yang nantinya diajukan ke konsumen atau pasar adalah produk yang dimiliki. Dalam perencanaan strategi produk terdapat berbagai hal yang perlu dianalisis, yaitu :
a.      Analisis situasi,
b.      Penentuan tujuan produk,
c.       Penentuan sasaran pasar atau produk,
d.      Penentuan anggaran,
e.      Penetapan strategi produk
f.        Evaluasi pelaksanaan strategi

2.      Strategi Harga

   Strategi harga merupakan langkah kedua setelah strategi produk dijalankan, dalam strategi harga terdapat beberapa aspek yang haru dipertimbangka, hal ini sebagai langkah untuk dapat msuk kepasar dan memasarkan produk yang dimiliki. Harga adalah nilai dari suatu produk yang merupakan kombinasi dari total biaya produksi dan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh. Bagi konsumen, harga adalah indikator nilai dari produk yaitu perbandingan antara nilai guna produk dengan tinggkat harga yang diberikan atau yang harus dibayar.





Faktor-faktor yang Mempengaruhi Strategi Harga

            Dalam strategi harga terdapat beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam penentuan tingkat harga tersebut, diantaranya adalah :

1.)    Faktor internal, meliputi tujuan pemasaran perusahaan, strategi bauran pemasaran, dan biaya-biaya perusahaan.
2.)    Faktor eksternal
a)      Sifat pasar dan permintaan
Sifat pasar sangat berpengeruh terhadap strategi pengelolaan dan melaksanakan usaha, karena produk yang dihasilkan harus sesuai dengan keadaan dan permintaan dari pasar.
b)      Persaingan
Persaingan dalam pasar dipengaruhi oleh beberapa unsur pokok yang sangat mendasar dalam persaingan, unsur-unsur tersebut adalah persaingan dalam industri yang bersangkutan, produk substitusi, pemasok, pelanggan, dan ancaman pendatang baru.

1 komentar: